Translate

Rabu, 30 Januari 2013

Filosuf



ARCHIMEDES


Archimedes adalah seorang ilmuwan, matematikawan, astronom, filusuf dan insinyur berkebangsaan Yunani,  Archimedes  memiliki pengetahuan yang luas dan abanyak belajar di Alexandria Mesir dan mengembangkannya di Yunani, Ia hidup sekitar tahun  287 sampai dengan 212 SM, Ia adalah salah seorang dari 100 tokoh paling berpengaruh menurut Michael Haeart, yang berjasa dalam pengembangan  sains dan teknologi, setara dengan Newton dan Gauss.

Archimedes dilahirkan di kota pelabuhan bernama Syiracuse, kota ini sekarang dikenal dengan Silsilia.Archimedes adalah keponakan dri raja Hiero II yang memerintah di syracuse pada masa itu, meskipun ada larangan  untuk melukai apalagi membunuhnya oleh pimpinan tentara Romawi bernama  Marcus Caludius Marcellus,  namun Archimedes mati terbunuh oleh tentara Romawi ketika terjadi penjarahan di kota syracuse.


Nama Archimedes  menjadi terkenal setelah melompat dari bak mandinya dan berlari-lari telanjang setelah membuktikan bahwa mahkota raja tidak dibuat dari emas murni. Ucapannya “Uereka” (aku menemukannya) menjadi terkenal sampai saat ini.
Penemuan Archimedes yang terkenal hingga sekarang adalah teori hukum archimedes yang menjelaskan tentang pengapunngan, yang mengatakan bahwa apabila sebuah benda sebagaian atau seluruhnya terbenam ke dalam air, maka benda tersebut akan mendapat gaya tekan yang mengarah ke atas yang besarnya  sama dengan berat air yang dipindahkan oleh bgaian benda yang terbenam tersebut.
Archimedes juga orang pertama yang mendefinisikan sistem angka yang mengandung “milyard (10000)” yang menunjukkan suatu bilangan yang nilainya tak terhingga. Ia juga mendefinisikan perbandingan antara keliling lingkaran dan jari-jari lingkaran dikenal sebagai pi sebesar 3,1429.
Dalam proses pembuatan kapalyang super besar, archimedes menciptakan “sekrup Archimedes” dan sistem katrol yang disebut “Compound pulley”, kapal ini kemudian dikenal dengan nama Syracusia dan menjadi kapal yang paling fenomenal pada zaman itu.
Archimedes adalah orang yang mendasarkan penemuannya dengan eksperimen sehingga ia dijuluki Bapak IPA ekperimental. Selaku matematikawan, pengkajiannya hampai samapai kepada foemulasi “kakulus integral”, saat tewas dibunuh prajurit Romawi Archimedes mengejakan persoalan geometri ia sedang menggambarkan lingkaran-lingkaran di tanah, karena  ia meneriaki pasukan Romawi yang menganggu pekerjaannya akhinya ia mati terbunuh.
Sumber:
1.      http//www.biaogfitokohdunia.com.
2.      http ://id.shvoong.com/books/biografhy/
3.      http/paratokohpenemudunia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar